Website Adalah? ini Definisi, Unsur dan Jenis Jenis Web

Definisi Website : Unsur dan Jenis-Jenis Web

Website adalah sebuah tempat yang menyediakan beragam halaman informasi untuk dapat diakses melalui internet. Website sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti gambar, animasi, video, teks dan lain sebagainya.

Website AdalahHal inilah yang membuat sebuah website banyak dikunjungi orang-orang untuk mendapatkan sebuah informasi. Informasi yang diberikan dalam website pun bermacam-macam, bahkan Anda bisa mendapatkan beragam informasi apa saja yang dibutuhkan. Mulai dari berita yang up to date, tips dan trik, profil perusahaan, profil organisasi tertentu, media sosial, hingga toko online.

Website memang sangat berpengaruh pada bisnis yang dijalankan oleh seseorang melalui online atau internet. Justru banyak pengusaha-pengusaha sukses melalui bisnis online yang dijalankannya. Tak hanya itu saja, website juga mampu menampung segala macam kreativitas yang dimiliki anak bangsa.

Melalui website, kita bisa mempublikasikan apa saja kreativitas yang kita bisa. Dengan begitu, peranan website sangatlah banyak untuk kita semua. Akan tetapi, tak sedikit orang yang masih belum paham mengenai website, unsur-unsur website dan jenis website. Namun, dengan membaca penjelasan saya dalam artikel ini bisa membuka mata Anda untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai website itu sendiri.

Jika kita simpulkan, website adalah sebuah wadah atau media yang menampung beragam informasi untuk di sampaikan kepada khalayak umum. Informasi yang disediakan juga bermacam-macam, mulai dari informasi berupa berita hingga informasi mengenai penjualan barang atau jasa. Bagi Anda yang ingin lebih memahami mengenai website ini, ada beberapa macam website yang perlu Anda ketahui sebagai berikut :

• Website interaktif

Website interaktif memang selalu menjadi situs yang menarik yang banyak dikunjungi oleh orang-orang. Web interaktif ini biasanya berupa sebuah forum atau blog. Website ini tentunya bisa dibilang lebih hidup, karena di dalamnya user bisa memainkan argumen atau pendapat dan berinteraksi dengan para blogger di dalamnya. Akan tetapi, tentunya website ini juga mempunyai seorang moderator agar topik terkini yang dibicarakan sesuai dengan alur pembicaraan.

• Website dinamis

Website dinamis merupakan sebuah website yang diperuntukkan bagi publik yang mencari berita terkini atau up to date. Sehingga website dinamis ini diharuskan update lebih sering, agar tidak ketinggalan berita terkini. Umumnya website ini juga menyediakan menu backend untuk mengatur dan mengubah isi atau konten yang terdapat dalam website. Adapun contoh dari jenis website ini adalah berupa web portal ataupun berita.

• Website statis

Berbeda halnya dengan website dinamis, website statis merupakan situs web yang tidak berubah halamannya. Adapun ketika user ingin mengedit halaman tertentu, biasanya harus dilakukan manual melalui edit code pada situs tersebut.

Selain jenis-jenis website di atas, Anda juga harus mengetahui unsur-unsur yang terdapat dalam website seperti di bawah ini :

1. Web domain
Web domain merupakan nama atau alamat link suat website tertentu. Alamat atau nama domain ini sangat penting agar setiap orang dapat dengan mudah mengakses website tersebut yang ada di internet. Nama domain juga bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah website.

2. Web hosting
Berbeda dengan web domain, web hosting merupakan media atau ruangan pada harddisk untuk menyimpan berbagai macam file, gambar atau data-data yang dimunculkan pada website tertentu.

3. Desain website
Desain website ini sangat penting dalam sebuah website. Karena desain web inilah yang menentukan website tersebut menarik atau tidaknya di depan pengunjung yang mengakses web tersebut. Selain itu, desain website juga menentukan kenyamanan para pembaca saat membaca informasi yang disampaikan pada sebuah website.

Ya, itulah beberapa definisi website, unsur dan jenis-jenis website yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!