Pengertian Website, Tujuan dan Web Hosting

Pengertian website adalah sebuah media untuk menyampaikan suat gagasan yang berupa sekumpulan dari halaman di dalamnya. Pada website kita bisa menemukan gambar, animasi atau teks yang disediakan. Sebuah website memiliki peranan yang sangat penting untuk menyampaikan beragam informasi yang up to date melalui artikel-artikel yang ada di dalamnya.

Pengertian WebsiteSelain itu, website juga merupakan sarana untuk menjual produk barang atau jasa. Ada banyak jenis website yang bisa kita jumpai di internet. Ada 2 jenis website yang perlu Anda ketahui :

1. Website Dinamis

Website dinamis ini termasuk sejenis Wet atau situs dengan halaman yang selalu diperbaharui atau di update. Dimana sejenis website ini umumya memiliki halaman administrator untuk melakukan setingan atau menambah konten. Jenis website ini memerlukan sebuah database sebagai media penyimpanan. Adapun contoh dari website dinamis, seperti Multyply, Facebook dan lain sebagainya.

2. Website Statis

Website statis termasuk sejenis Wet dengan halaman yang tidak update. Umumnya, ketika melakukan perbubahan maka harus secara manual. Selain itu, situs sejenis ini memiliki informasi berupa satu arah, dimana informasi tersebut berasal dari owner atau usernya saja. Adapun salah satu contoh dari website jenis ini adalah profil perusahaan.

Lalu, apa tujuan dari website itu sendiri? Berdasarkan pengertian website di atas, dimana website merupakan sebuah media yang isinya bisa berupa informasi ataupun mengenai penjualan produk. Sehingga website bisa dikategorikan sebagai sebuah layanan atau toko jika dalam bentuk nyata.

Sebuah tempat yang menyediakan beragam informasi, menawarkan sesuatu, mengupload video, foto, kegiatan dan lain sebagainya. Namun, ketika memiliki sebuah website maka harus benar-benar menjadikan website tersebut lebih menarik. Karena tentu yang namanya layanan pasti akan menjumpai banyak kompetitor atau persaingan di dalamnya.

Sebelum Anda membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai website. Dalam website ada yang namanya domain, dimana domain name merupakan URL atau alamat yang digunakan pada sebuah website. Misalnya saja, www.idhostinger.com, www.blogger.com dan lain sebagainya.

Nah, dalam penggunaan nama domain ini biasanya diiringi dengan akhiran com, co.id, org, net, dan lain sebagainya. Akhiran inilah yang biasa disebut juga sebagai identifikasi ekstensi yang disesuaikan dengan lokasi tempat website tersebut berada.

Nama akhiran pada domain tadi, untuk ekstensi internasional biasanya berupa ws, nama, net, com, info, org, biz dan lain sebagainya. Sedangkan ekstensi atau akhiran nama domain untuk lokal sendiri berupa ac.id, co.id, go.id, web.id, war.net.id, or. id dan lain sebagainya.

Masing-masing akhiran tersebut juga biasanya disesuaikan dengan tujuan pembuatan website itu sendiri. Karena dalam pembuatan website, orang atau organisasi memiliki tujuan website seperti untuk sebuah perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi, individu, dan lain sebagainya.

Selain nama domain, Anda juga pasti sering mendengar yang namanya web hosting atau rumah tempat untuk website. Web hosting itu sendiri memiliki arti yakni sebuah ruangan atau space pada harddisk sebagai tempat untuk menyimpan file-file, data, statistik, video, gambar dan sebagainya.

Biasanya kapasitas file atau data yang dimasukkan itu sendiri tergantung dari kapasitas web hosting yang dimiliki atau yang disewa. Dimana, jika semakin besar kapasitas dari web hosting akan berbanding lurus dengan space data yang bisa Anda masukkan. Rumah tempat untuk website atau web hosting ini didapat dengan cara menyewa.