Kisah Perjalanan Andrew Darwis bersama Kaskus, Situs Forum Terbesar di Indonesia

Kalau Anda adalah seorang pengguna internet yang aktif, Anda tentu pernah mendengar nama kaskus bukan? Atau mungkin, Anda pun adalah seorang member kaskus.co.id yang merupakan situs forum pertama sekaligus terbesar yang ada di Indonesia?
Kisah Perjalanan Andrew Darwis bersama Kaskus, Situs Forum Terbesar di Indonesia
Situs forum yang berasal dari kata ‘Kasak Kusuk’ ini tercatat memiliki lebih dari 4,5 juta member saat ini. Sebuah angka yang luar biasa banyak dan tentu saja pantas bila dikatakan sebagai situs forum terbesar di Indonesia. Tapi, tahukah Anda siapa pemilik situs forum ini dan seperti apa perjalanan menuju Kaskus yang besar seperti sekarang ini?

Profil Andrew Darwis si Pemilik Kaskus

Kaskus.co.id dimiliki oleh Andrew Darwis, dan dibantu juga oleh salah seorang sahabatnya bernama Ken Dean Lawadinata. Tidak mudah bagi mereka untuk membesarkan kaskus ini. Jatuh bangun, keggalan dan berbagai tantangan lain sudah sering mereka alami. Tapi tentu saja mereka menghadapi semua itu dengan kegigihan dan kerja keras sehingga akhirnya, kaskus bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang.

Sebelum kita lanjut tentang perjalanan kaskus lebih jauh lagi, kenapa kita tidak coba tengok dulu bio data singkat dari Andrew Darwis?

Nama Lengkap : Andrew Darwis
Tempat, tgl lahir : Jakarta, 20 Juli 1979
Agama : Kristen Katolik
Sekolah Dasar : Tarakanita Pluit Jakarta
Sekolah Meneneah Pertama : Tarakanita Pluit Jakarta
Sekolah Menengah Atas : Gandhi National School, Ancol ’98 Jakarta
Universitas : Universitas Bina Nusantara
Universitas : Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle, 2003
Universitas : Computer Science, City University ’06
Prestasi :
• KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (oleh Microsoft tahun 2008).
• KASKUS – The Online Inspiring Award 2009 (oleh Indosat).

Saat ini, Andrew Darwis adalah Chief Technology Officer (CTO) di Kaskus, sekaligus pemilik Kaskus Network PT. Darta Media Indonesia. Dapat dikatakan bahwa ia adalah salah satu pionir bisnis online Indonesia yang sukses.

Kisah Perjalanan Kaskus

Awalnya, situs Kaskus dijalankan oleh tiga orang sehabat, yakni Andrew, Ronald dan Budi. Kaskus awal mulanya diisi dengan aneka informasi tentang berbagai kejadian di Indonesia yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Sayangnya, Andrew yang tidak memiliki latar belakang jurnalis merasa sungguh kerepotan sendiri dalam menulis berita yang hendak dimuat di situsnya. Andrew dan kedua rekannya ini pun kemudian memutuskan untuk memuat artikel tentang Indonesia dari sumber lain berbahasa Inggris, lalu diterjemahkan dulu ke bahasa Indonesia.

Hal ini dilakukan mereka selama tiga tahun, dan selama itu pula, sama sekali tak ada keuntungan yang didapat kaskus. Ketiadaan keuntungan ini membuat kedua rekannya mundur di tengah jalan. Andrew yang masih tak menyerah pun melanjutkan sendiri kaskus dengan usahanya sendiri, sampai akhirnya ia mendapat rekan baru bernama Ken Dean Lawadinata (CEO Kaskus Networks saat ini).

Kaskus terus bertahan dan mulai berkembang meski sangat perlahan. Sampai di awal tahun 2008, Kaskus akhirnya resmi menjadi perusahaan profesional dengan nama PT. Darta Media Indonesia. Menjadi perusahaan professional ternyata tak membuat jalan kaskus mulus.

Promosi besar-besaran dan event yang dilakukan masih belum bisa memudahkan kaskus untuk mendapat member baru. Popularitas juga masih minim. Bahkan, kaskus sempat hampir ditutup lantaran dianggap situs p0rn0.

Kegagalan ini masih juga mematahkan semangat Andrew dan Ken. Ia pun mencoba cara promosi lain dengan meminta artis untuk mengenakan baju yang mereka cetak dengan tulisan kaskus. Sang artis kemudian difoto dan memasukkannya dalam situs mereka. Inilah awal kebangkitan dari kaskus yang kemudian terus mengantarkannya dalam kesuksesan.