Keunggulan Memilih Nama Domain Internet Sendiri

Nama domain internet sering disebut juga sebagai Domain Name System atau DNS. Nama domain ini memiliki pengertian yaitu sebuah nama unik atau alamat situs yang digunakan untuk user atau pengguna internet ketika ingin mengunjungi sebuah situs.

Nama domain itu sendiri biasanya disebut juga sebagai alamat website atau URL. Secara garis besarnya, nama domain sendiri dikateggorikan menjadi Generic Top Level Domain dan Country Code Top Level Domain. Sehingga setiap website pasti memiliki nama domainnya masing-masing sebagai identifikasi dari situs web tersebut.
Nama Domain Internet
Domain sendiri memiliki banyak manfaat untuk perkembangan website yang dibangun. Dengan memilih nama domain yang tepat, maka website yang kita buat akan mudah diakses oleh setiap orang. Selain itu, ketika kita memilih nama domain ada baiknya jika kita memilih domain dengan akhiran atau ekstensi yang sudah terkenal, seperti .co.id, .com, .go.id, .web. id dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap ekstensi dari nama domain tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Penerapan nama domain sendiri harus disesuaikan dengan tema website yang akan dibuat.

Untuk memilih nama domain sendiri, kita biasanya dihadapkan ke dalam 2 pilihan yakni dengan memanfaatkan provider domain berbayar atau provider gratisan. Namun, kedua hal ini tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jika kita memanfaatkan provider domain gratisan tentu kita harus mempertimbangkan kekurangannya. Apabila dibandingkan domain gratisan, domain berbayar tentu memiliki banyak keunggulan antara lain :

1. Lebih Profesional

Jika Anda menyewa sebuah provider domain dan hosting berbayar, tentu nama domain yang dimiliki akan terlihat profesional. Banyak contoh website dengan ekstensi .com misalnya seperti lazada.co.id, maka website tersebut terlihat lebih profesional dan bukan terlihat seperti website abal-abal.

Selain itu, dengan fitur-fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan domain gratisan tentu terlihat lebih canggih dan handal. Apalagi jika Anda membangun sebuah situs bisnis online, tentu harus memakai dan memanfaatkan provider domain berbayar agar lebih terpercaya.

2. Terhindar Dari Pemasangan Iklan atau Banned

Tak hanya profesional, nama domain internet berbayar atau sendiri biasanya terhindar dari banned atau pemasangan iklan oleh penyedia layanan domain tersebut. Berbeda halnya dengan penyedia layanan domain gratisan yang sudah memasang banned atau iklan untuk mempromosikan situs provider tersebut. Justru dengan pemasangan iklan tersebut justru akan menghalangi dan mengganggu setiap pengunjung ataupun pengguna internet yang mengakses website Anda.

3. Lebih Mudah Di Lirik Mesin Pencari

Jika Anda menggunakan layanan penyedia domain berbayar, dengan ekstensi yang sudah terkenal seperti .co.id, dan .com. Dimana semakin tinggi level domain tersebut maka semakin besar pula kesempatan untuk masuk menuju halaman pertama mesin pencari Google. Semakin sering situs Anda muncul di halaman pertama Google ini, maka akan semakin banyak pula pengguna internet yang mengakses dan mengunjungi website Anda.

4. Dibekali Fitur-Fitur Menarik

Keunggulan yang dimiliki jika Anda menggunakan provider domain berbayar adalah akan mendapatkan beragam fitur menarik dan unggulan. Sehingga akan semakin mudah mengembangkan dan mendesain blog/website yang kita buat nantinya.

Selain itu, kita juga akan lebih akurat melihat trafik pengunjung, lebih mudah memasang akun email menggunakan domain pribadi sehingga terlihat profesional. Selain itu, kita juga bisa membuat sub domain lebih banyak sehingga akan lebih banyak pengguna internet yang mengunjungi situs kita.

Nah, itulah beberapa keunggulan memilih nama domain internet sendiri yang berbayar untuk Anda. Semoga bermanfaat!