Inilah 3 Keuntungan dan 3 Kerugian Strategi Market Follower yang Harus Anda Ketahui

Di dalam dunia bisnis, pasti akan ada yang namanya persaingan. Hal ini dikarenakan, banyak sekali perusahaan diluar sana yang juga menjual produk yang sama seperti perusahaan kita.

Maka dari itu, semua perusahaan bersaing dan berlomba-lomba dalam mempromosikan dan menjual produk mereka, agar menjadi yang paling unggul dan diminati banyak konsumen.

Di dalam sebuah persaingan antar perusahaan, pasti ada yang namanya strategi pemasaran. Karena kita tidak bisa menjalankan suatu bisnis dan bersaing dengan perusahaan lainnya tanpa adanya sebuah strategi.

Untuk menerapkan strategi pemasaran, kebanyakan perusahaan besar yang sudah terkenal di pasaran, bisa menerapkan strategi yang jitu yang tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kecil.

Tetapi tidak menutup kemungkinan, jika perusahaan kecil justru mampu merapkan strategi yang lebih kompleks dan menarik banyak minat konsumen.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan apabila perusahaan kecil memiliki keuntungan yang setara dengan perusahaan besar, bahkan bisa melebihi keuntungan perusahan besar.

Market Follower

Market follower atau yang bisa disebut dengan pasar pengikut merupakan sebuah strategi yang banyak digunakan untuk bersaing dengan pebisnis lainnya. Strategi bisnis ini banyak digunakan oleh perusahaan yang posisinya tidak dominan di pasaran.

Dengan menggunakan strategi bisnis ini, penjualan suatu produk dapat bertahan pada posisi tertentu. Dan tentunya ini sangat baik dalam mempertahankan posisi suatu perusaahaan. Strategi bisnis ini ternyata dikembangan dari Market Leader.

Tetapi, terdapat kelebihan dari strategi bisnis ini jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni memiliki risiko yang jauh lebih kecil dan juga mendapatkan market share yang cukup bagus.

Lantas apa saja keuntungan lain dan kerugian dari strategi bisnis ini? Simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Keuntungan dari Market Follower

1. Memiliki pesaing yang cukup rendah, karena teknik pemasaran dari strategi bisnis ini mempromosikan dan menjual produknya di tempat yang berbeda. Dengan begitu, maka dapat meminimalisir terjadinya persaingan antara perusahaan yang menerapkan strategi market leader secara langsung.

2. Memiliki keuntungan yang besar, bahkan bisa jauh lebih besar daripada perusahaan market leader. Karena dengan strategi bisnis ini, perusahaan tidak perlu repot-repot untuk mencari inovasi dalam mengembangkan produknya. Cukup hanya dengan mengikuti perkembangan produk dari perusahaan market leader, yang memiliki banyak tanggapan positif dari konsumen.

3. Melihat dan melakukan riset, serta mencari informasi mengenai promosi produk baru yang dimiliki market leader. Dengan melakukan kegiatan ini, perusahaan market follower hanya tinggal memilah, apa saja produk yang memiliki tanggapan positif dari para konsumen.

Kerugian dari Market Follower

a Seringkali perusahaan market follower ini dianggap menjadi plagiat produk yang dijual oleh market leader di pasaran. Karena hampir dari semua produk market follower tidak memiliki perbedaan dari produk market leader.

b. Produk dari market follower ini kebanyakan tidak memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, karena produk yang dikeluarkan hanya mengikuti produk dari market leader. Oleh karena itu, kebanyakan konsumen mengutarakan bahwa produk yang dikeluarkan oleh market follower hanya menjiplak dari market leader, karena memiliki kesamaan hingga 95%.

c. Market follower juga seringkali dianggap menjadi parasit, karena setiap kali market leader mengeluarkan produk baru, maka market follower mengeluarkan produk yang sama, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau dipasaran.

Itulah informasi mengenai keuntungan dan kerugian dari market follower. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda kedepannya. Terima Kasih.