Eduardo Saverin, Co-Founder Facebook Berbagi 3 Rahasia Mengenai Entrepreneur

Kemajuan teknologi yang membuat semakin banyaknya pilihan sosial media membuat banyak orang tertarik, begitupun mengenai sosial media Facebook. Siapa sih yang gak kenal Facebook?

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna saat kemunculannya pertama kali dan sampai akhir tahun 2015, pengguna aktif Facebook ini berjumlah sekitar 1 milyar lebih di seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, pengguna aktif Facebook mencapai 60 juta orang hingga akhir tahun 2015 lalu.

Bicara soal Facebook, maka kita tidak asing dengan nama Mark Zuckerberg. Ya, CEO sekaligus founder dari sosial media Facebook ini sangat terkenal namun apakah anda tahu siapa selain dia yang berperan penting dalam pembuatan media sosial? Eduardo Saverin!

Ia merupakan orang yang turut berperan dalam pengembangan media sosial yang saat ini telah mencapai kesuksesannya.

Eduardo Saverin telah tercatat di salah satu artikel di Forbes sebagai pengusaha yang sukses dengan urutan keenam “Under 40 Tech Titans” yang memiliki kekayaan hingga senilai US $5,7 milyar atau sekitar Rp 75,5 triliun di usianya yang baru menginjak 33tahun.

Ia telah ikut menginvestasikan kekayaannya di beberapa startup, seperti HopScotch, RedMart, Owiki, 99.co serta Tech in Asia. Selain ke-lima startup tersebut, ia juga telah menerima kepemilikan saham dari Facebook sebanyak 5%.

Sejak tahun 2009 lalu, ia pun telah menetap di Singapura serta aktif menjadi angel investor dengan berinvestasi di banyak startup di kawasan Asia. Waw! Benar-benar seorang entrepreneur yang sukses bukan?

Anda semua pasti juga memiliki keinginan untuk mendapatkan kesuksesan seperti Saverin, nah kali ini kita akan memberikan “rahasia” dari perjalanan seorang Eduardo Saverin pada industri Startup, apa saja? Yuk kita simak!

1. Usia bukanlah penghalang

Untuk menjadi seorang yang sukses kita harus memulai dengan keberanian yang sukses apalagi dalam menjadi seorang pengusaha, akan banyak resiko yang harus siap kita ambil.

Usia bukanlah penghalang untuk kita saat ingin memulai suatu hal, seperti Saverin sendiri yang pertama kali meluncurkan Facebook bersama Zuckerberg saat ia masih berusia 22 tahun.

Kemudian pada tahun berikutnya ia juga memberanikan diri untuk mulai berinvestasi pada beberapa startup di berbagai belahan dunia.

Kabanyakan orang pasti akan menilai bahwa umur yang masih muda mungkin belum pantas untuk berkecimpung dalam dunia investasi tersebut apalagi untuk menjadi seorang founder di dunia startup.

Namun bagi Saverin walaupun banyak orang yang meremehkannya karena usianya yang masih sangat muda, ia tetap menunjukkan kemampuan serta profesionalismenya yang tinggi kepada banyak orang sehingga ide serta kemampuannya dapat diterima banyak orang dan bisa sukses seperti saat ini.

So, bagi kamu yang masih muda jangan takut untuk memulai sesuatu dan tetap yakin atas kemampuan yang kamu punya.

2. Jangan gampang emosi dan bersikap tenang

Hal yang kedua ini mungkin terdengar seperti hal sepele yang bisa kamu dapatkan dari semua orang sebagai “pesan kuno”, namun percayalah hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan bagi seseorang.

Apalagi dalam menjadi seorang entrepreneur, kalian akan menemukan banyak kendala yang harus dihadapi dengan tenang dan kepala dingin agar bisnis yang anda kelola tetap dapat berjalan dengan baik.

Seperti Eduardo Saverin yang pernah tersangkut kasus mengenai kepemilikan saham Facebook serta rumor yang mengatakan bahwa ia enggan membayar pajak.

Yang membuat reputasinya dipertaruhkan namun ia tidak memberikan banyak reaksi untuk menanggapinya dan lebih memilih untuk fokus menjaga dedikasinya di industry teknologi dengan membantu beberapa startup yang baru untuk lebih berkembang.

Tidak sedikit pengalaman yang kurang menyenangkan bagi perjalanan karirnya, namun ia tetap teguh serta semakin bijak terhadap apa yang dijalaninya karena banyak mengambil ilmu dari persoalan-persoalan sebelumnya.

3. Perhitungkan langkah yang akan kamu ambil

Dalam memulai hal baru dalam hidup anda, tentunya akan menyenangkan dan membuat kita sangat bersemangat. Namun anda harus waspada serta jangan tergesa-gesa dalam mengambil setiap keputusan.

Cobalah lebih selektif dalam mengambil langkah agar tetap aman saat anda menghadapi berbagai resiko. Jika anda tidak siap dengan resikonya, coba pikirkan kembali sebelum anda mendapat kegagalan untuk masa depan anda.

Saverin sendiri mempunyai “rahasia” yang selalu ia terapkan saat akan memulai investasi terhadap perusahaan lain yaitu dengan mengutamakan pengguna, mengidentifikasi masalah utama yang dihadapi, serta melihat bagaimana teknologi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Nah itulah beberapa hal yang harus diterapkan untuk menjadi seorang entrepreneur, Eduardo Saverin juga pernah menjadi pembicara di Tech in Asia Singapore lalu pada bulan April untuk berbagi pengalamannya sebagai angle investor beserta kawan-kawan lainnya mengenai dunia startup.