Domain Adalah? Juga Apa Keuntungan Menggunakan Domain Sendiri

Domain adalah nama yang terdiri dari format abjad, angka, dan simbol yang digunakan untuk identifikasi pengganti format yang berupa deretan angka pada IP address klien server web hosting berada. Selain itu, domain adalah sebuah nama yang unik berfungsi untuk mengidentifikasi nama server di dalam komputer misalnya web server atau juga email server yang terhubung melalui jaringan internet.

Domain AdalahJadi intinya, domain atau nama domain merupakan nama sebuah website. Domain name sendiri lebih merujuk kepada alamat IP, misalnya saja google.com.
Fungsi domain adalah untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna domain agar ketika mereka ingin mengakses sebuah server atau mengingat sebuah alamat IP yang membingungkan. Singkatnya, nama domain bisa juga disebut sebagai alamat website atau alamat URL.

Domain terdiri dari berbagai jenis, mulai dari domain yang digunakan untuk dunia akademik, domain organisasi atau pribadi, hingga domain yang sifatnya komersial.

Perlu anda ketahui bahwa ketika anda membeli nama domain bukan berarti nama domain tersebut akan selamanya menjadi milik anda, karena biasannya nama domain tidak dapat dibeli melainkan hanya disewakan saja. Masa sewa domain sendiri tergantung kepada pihak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan berbagai macam paket. Ada hosting yang masa sewanya adalah satu tahun, dan ada juga hosting yang masa sewanya hanya satu bulan. Semua itu tergantung kepada pilihan serta harga dari domain yang anda pilih.

Tips untuk anda yang akan melakukan penyewaan nama domain, sebaiknya anda memilih nama domain yang unik dan mudah diingat. Hal ini penting agar pengunjung pada website anda tidak mudah lupa ketika akan mengaksesnya. Jika anda telah memilih nama domain, segeralah untuk menghubungkan domain anda dengan server sehingga dapat diakses melalui internet. Caranya dengan mengarahkan alamat IP domain ke IP hosting sehingga website anda dapat diakses oleh semua orang.

Jika anda adalah seorang pemula yang ingin membeli domain, maka anda harus perhatikan hal-hal berikut:

1. Penggunaan huruf kapital atau huruf biasa sama sekali tidak berpengaruh terhadap nama domain. Jadi anda tidak perlu terlalu detail dalam menuliskan aturan hurufnya.

2. Dalam penulisan nama domain, anda tidak dapat menggunakan spasi.

3. Di dalam penulisan nama domain, anda hanya dapat menggunakan karakter alfa numeric seperti (0-9) dan (A-Z), dan minus (-). Namun tanda minus tidak dapat anda gunakan pada bagian depan atau belakang, hanya dapat di tengah saja.

4. Dalam penulisan nama domain, anda juga tidak diperkenankan menggunakan under score (_).

5. Harap memperhatikan penulisan nama domain yang sesuai, jangan terlalu panjang karena anda hanya dapat menggunakan 63 karakter di luar eksistensi domain (dot.com, dot.co.id) dan sebagainya.

Keuntungan bagi anda yang menggunakan domain sendiri:

a. Profesionalisme
Dengan memiliki domain sendiri, itu artinya anda telah memiliki keseriusan untuk eskis di dunia internet. Sedangkan untuk penggunaan domain gratis lebih cocok bagi pelajar dan mahasiswa. Jika anda ingin memperoleh keuntungan dan pamor di internet, kami sarankan anda mulai untuk membuat nama domain sendiri.

b. Email personal
Anda sebagai pemilik tunggal dari domain yang anda buat, memiliki kebebasan untuk membuat email khusus untuk menunjang kebutuhan anda. Dengan menggunakan email personal, maka anda akan terlihat lebih profesional daripada menggunakan email yang umum.

c. Kebebasan
Jika anda memiliki domain sendiri, maka anda akan sangat bebas melakukan apa saja di situs anda, tanpa ada batasan. Berbeda dengan jika anda menggunakan domain yang gratis.