cPanel Adalah? Serta Fungsi dan Kelebihan-nya

cPanel adalah sebuah situs di dalam internet yang merupakan situs penting untuk menunjang pembuatan sebuah website. Cpanel adalah rangkaian menu yang terdapat pada sebuah hosting yang fungsinya untuk mengatur aktifitas apapun dalam proses pembuatana website.

cPanel AdalahPada umumnya, cpanel dapat juga diartikan sebagai sebuah control panel dalam web hosting linux yang dapat memberikan sebuah tampilan grafis beserta peralatan otomatis untuk memberikan kemudahaan pada saat proses hosting di dalam sebuah situs web.

Di dalam sebuah cpanel terdapat tiga struktur fungsi administrator, agen, dan juga pemilik situs web yang gunanya sebagai pengatur berbagai macam aspek dalam situs web dan juga dalam administrasi server dengan menggunakan penjelajahan web yang standar.

Selain dilengkapi dengan Guide Users Interface yang berguna untuk memudahkan para pengguna, cpanel juga dilengkapi dengan perintah berupa teks, supaya vendor yang menjadi pihak ketiga organisasi sebuah web hosting dan untuk pengembangan melalui otomasi sistem standar dalam proses administrasi.

Lebih lengkap mengenai cpanel atau control panel, cpanel adalah fasilitas yang memiliki account hosting yang dapat mengatur seluruh aktivitas web dan fasilitas yang dimilikinya. Sama seperti situs lainnya, jika anda akan masuk ke dalam cpanel diperlukan username dan password. Sebelum anda melakukan login, anda harus terlebih dulu melakukan aktivasi hosting. Cpanel tampil dalam bentuk sebuah format web base. Format tersebut, dapat anda akses melalui browser seperti Chrome, Opera Mini, dan lain-lain.

Konfigurasi-konfigurasi pada cpanel meliputi:
1. Melakukan proteksi website
2. Melakukan instalasi script website
3. Mengatur sub domain
4. Melakukan konfigurasi keamanan
5. Melihat statistik pengunjung pada website
6. Mengatur konfigurasi PHP
7. Membuat email forwader
8. Membuat atau menghapus alamat email

Fungsi-fungsi Cpanel:
1. Untuk menginstall secara instan script website
2. Mengatur sub domain atau parkir domain dan melakukan tambahan domain
3. Melakukan konfigurasi keamanan pada folder atau website
4. Untuk melihat statistik pengunjung website
5. Mengatur konfigurasi PHP
6. Mengupload berbagai file pada website dan database

Sampai saat ini, cpanel masih merupakan control panel yang paling populer dan banyak digunakan, hal ini tidak terlepas dari kemudahan yang cpanel berikan. Bagi pemula, disarankan untuk menggunakan cpanel 11 karena cpanel ini memberikan kemudahan untuk meninstall script dan dan berbagai program dalam website.

Kelebihan Cpanel 11:

1. Cpanel 11 sudah terintegrasi dengan web 2.0 yang dapat memudahkan pengguna dalam proses pengaturan tampilan web. Fitur yang ditawarkan sangat beragam, seperti collapsable menus, Java Script, AJAX, pembesaran, penambahan form untuk falidasi, serta berbagai tampilan baru yang mudah.

2. Dukungan bahasa dan karakter juga telah tersedia dengan lengkap dalam cpanel 11, terdapat banyak sekali bahasa dalam cpanel 11. Ini akan memudahkan anda dalam menggunakan bahasa serta mengganti bahasa pada tampilan web sesuai yang anda inginkan.

3. Cpanel 11 juga dilengkapi dengan tampilan Easy Apache terbaru. Hal ini membuat cpanel 11 dapat dengan mudah memberikan konfigurasi ke versi apache 2 dan versi apache 2.2. anda juga dapat melakukan pengeditan pada konfigurasi tersebut termasuk konfigurasi apache dan PHP secara spesifik. Adanya penambahan performa dalam apache 2 serta kelebihan dalam mengatur instalasi akan berdampak positif pada kecepatan dan performa yang stabil pada website anda setiap harinya.

4. Yang menarik, cpanel 11 juga telah mendukung Ruby on Rails yang gunanya untuk memberikan dukungan dalam proses pengembangan web aplikasi. Selain itu anda juga dapat dengan mudah menambahkan Ruby gems lewat WHM atau cpanel.