Coba 5 Kegiatan Ini Agar Dapat Menggali Ide Tulisan Untuk Blog Anda

Beberapa Kegiatan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Postingan Sebuah Blog
Coba 5 Kegiatan Ini Agar Dapat Menggali Ide Tulisan Untuk Blog Anda
Selalu memberikan update tulisan di blog memang sudah jadi kerjaan rutin para blogger. Dengan update blog yang dilakukan secara konsisten, maka eksistensi Anda sebagai blogger professional pun akan semakin kuat. Selain itu, blog Anda pun akan lebih populer dan berpotensi mendapatkan trafik yang lebih banyak.

Sayangnya, untuk konsisten menghasilkan tulisan di blog memang tidak mudah. Adakalanya, pikiran menjadi buntu sehingga bisa membuat para blogger kehabisan ide untuk ditulis. Terus-terusan menulis pun bisa membuat pikiran jadi jenuh dan akhirnya pikiran menjadi macet.

Hal seperti ini tentu sangat mengganggu. Sebaagai seorang blogger, update postingan adalah hal utama yang tak boleh dilewatkan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi macetnya ide di pikiran ini.

Nah, untuk membantu Anda, coba kegiatan ini agar dapat menggali ide tulisan untuk blog Anda. Beberapa kegiatan ini akan membantu Anda mendapatkan ide menulis untuk update artikel di blog Anda.

1. Rutin Lakukan Blogwalking

Melakukan blogwalking dapat menjadi langkah efektif untuk mengembangkan ide di pikiran Anda. Yang dimaksud blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog lain. Dengan mengunjungi blog orang lain, maka Anda bisa mendapatkan inspirasi dan membuka kebuntuan di otak.

Tentu saja Anda tidak bisa hanya mengunjungi satu blog saja. Anda perlu mengunjungi lebih dari 5 blog berbeda dengan tema yang sesuai dengan blog Anda. Ada jutaan blog tersedia di dunia maya yang bisa Anda kunjungi untuk merangsang ide di dalam pikiran Anda.

2. Cari Tahu Trending Topic dari Sosial Media

Fenomena trending topic atau topik yang tengah populer dibicarakan publik di dunia digital dapat menjadi inspirasi yang baik untuk menghasilkan tulisan yang bisa diupdate di blog Anda. Anda bisa mendapatkan informasi trending topic saat ini melalui sosial media.

Twitter misalnya, bisa jadi pilihan utama untuk mengetahui topik apa yang sedang banyak dibicarakan. Cermati hal apa yang sedang marak dibicarakan. Anda bisa mencermati dari trending topik seluruh dunia atau Trending Topic World Wide, dan bisa juga dari lokal Indonesia atau Trending Topic Indoenesia. Tentu Anda harus memilih trending topic sesuai niche blog Anda.

3. Amati Channel Berita

Channel berita selalu memiliki banyak hal untuk disajikan. Anda bisa memanfaatkan berbagai channel media untuk mendapatkan inspirasi tulisan. Misalnya saja, dari media cetak seperti koran, majalah dan tablod, atau dari media elektronik seperti radio dan televisi, dan bisa juga melalui media online lain.

Ada banyak ide yang tersebar di channel media untuk Anda gali menjadi tulisan yang baru. Pilihlah channel media yang benar-benar terpercaya dan subjektif sehingga Anda bisa mendapatkan tulisan yang berkualitas.

4. Cari Inspirasi di Luar Rumah dan Berjalan-Jalan

Anda masih belum mendapatkan ide menulis? Anda bisa pergi ke luar rumah. Jalan-jalanlah walah hanya sebentar. Apa pun yang Anda lakukan ketika di luar rumah, Anda bisa sembari mengamati dan mengeksplorasi berbagai hal yang Anda temukan di sekeliling Anda.

Dari eksplorasi ini, perhatikan hal apa yang bisa Anda gali lagi. Anda mungkin akan menemukan aneka kejadian unik dan menarik dari sesuatu yang sebenarnya sepele dan sederhana. Selama Anda menajamkan insting Anda, ide akan lebih mudah masuk ke pikirana Anda.

5. Dapatkan Partner untuk Diskusi

Parner diskusi juga bisa membuka banyak ide untuk Anda. Ingat, yang perlu Anda lakukan adalah diskusi dan bukan sekedar ngobrol. Meski hanya diawali dari obrolan sana-sini, berikutnya Anda harus bisa mengendalikan topik pembicaraan ke arah niche blog Anda.

Gali sesuatu yang menarik dan sekiranya belum pernah Anda postingkan di blog. Dari hasil diskusi ini, Anda akan menemukan banyak ide untuk ditulis. Selanjutnya, tinggal Anda lanjutkan menulis dan posting di blog Anda.