3 Cara Mendapatkan Uang Dari Iklan Online di Internet Youtube Facebook Blog Website Google

3 Cara Mendapatkan Uang Dari Iklan Online di Internet Youtube Facebook Blog Website Google

Sebelum berbicara lebih jauh tentang cara mendapatkan uang dari iklan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan ruang bagi penempatan iklan.

Sama halnya dengan televisi, radio dan media cetak yang menyediakan sarana untuk menayangkan iklan melalui fasilitas informasi yang mereka miliki, maka untuk dapat meraih keuntungan dari iklan di dunia maya, tentunya harus menyediakan fasilitas informasi terlebih dahulu berupa blog atau situs website.

Melalui blog itulah, sarana informasi disebarluaskan, dan setelah blog memiliki pengunjung yang banyak, barulah dilakukan monetisasi atau memanfaatkan blog untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan membaca sekilas keterangan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa langkah yang harus dilakukan sebelum mencari keuntungan dari iklan adalah membangun sebuah blog.

Setelah blog terbangun, kumpulkan pengunjung sebanyak mungkin, sebab dari sedikit-banyaknya pengunjung itulah ditentukan layak-tidaknya sebuah blog untuk memasang iklan.

Cara untuk mengumpulkan pengunjung setidaknya ada dua macam: pertama mengisi blog secara rutin dengan konten-konten yang orisinil dan berkualitas.

Lewat konten yang orisinil, mesin pencari akan lebih mudah membaca dan mendeteksi, untuk selanjutnya menempatkan konten yang mengisi blog di urutan teratas dari daftar pencarian pada search engine sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh seseorang yang melakukan browsing.

Sedang konten yang berkualitas, akan membuat pengunjung betah menikmati halaman-halaman blog karena konten-konten yang disajikan berkualitas. Jika sudah merasa betah, besar kemungkinan di lain waktu akan kembali lagi mengunjungi blog tersebut.

Langkah kedua untuk mengumpulkan pengunjung adalah dengan melakukan promosi. Banyak cara yang ditempuh untuk mempromosikan blog, bisa lewat media sosial, e-mail, atau memasang iklan di blog/website lain.

Promosi blog harus terus menerus dilakukan dan dengan berbagai macam cara, mengingat dari waktu ke waktu terus bermunculan blog-blog baru yang mengindikasikan semakin ketatnya persaingan.

Setelah blog memiliki banyak pengunjung, pada saat itulah waktu yang paling tepat untuk mengais keuntungan dari jerih-payah yang memakan waktu relatif panjang, mulai dari membangun blog, mengisinya dengan konten-konten berkualitas, serta mempromosikannya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk me-monetisasi blog, salah satunya dengan menyediakan space untuk pemasangan iklan.

Untuk mendapatkan uang dari iklan melalui blog, dapat dilakukan dengan 3 macam cara:

1. Advertising Networks

Jaringan iklan atau advertising networks adalah mediator yang menghubungkan pihak pemasang iklan dengan para pemilik blog atau website yang biasa disebut publisher.

Para publisher yang ingin bekerjasama dengan pihak advertising networks, terlebih dahulu harus mendaftarkan diri dan mematuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan. Pihak jaringan periklanan tersebut juga akan menilai layak-tidaknya sebuah blog untuk dapat memasang iklan.

Setelah melakukan pendaftaran, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi publisher, pemilik blog selanjutnya akan diberi kode iklan dengan berbagai macam ukuran untuk dipasang di blog masing-masing.

Jika pengunjung blog ada yang mengklik iklan tersebut, maka pemilik blog akan memperoleh imbalan dari pihak advertising networks, sehingga penghasilan publisher ditentukan dari banyaknya jumlah klik dari pengunjung blog yang disebut PPC (Pay Per Click).

Cukup banyak mediator iklan atau advertising networks yang malang melintang di dunia maya, diantaranya adalah: ADPLUS, Chitika, Yahoo Advertising, Adriver, AdInfinity, AdRoll, Ad Network Indonesia, dan yang paling popular adalah Google Adsense.

2. Direct Advertising

Cara mendapatkan uang dari iklan melalui blog dengan direct advertising ini tidak melalui jasa penghubung atau mediator iklan atau advertising networks, melainkan dengan menawarkan secara langsung kepada calon advertiser atau calon pemasang iklan.

Untuk blog-blog yang memiliki nama dan traffict pengunjung yang luar biasa banyaknya, terkadang tidak perlu menawarkan space iklan kesana-kemari, tapi justru para pemasang iklan yang datang menawarkan diri.

Jika sudah demikian, pemilik blog/website dapat menentukan harga yang mahal untuk setiap space yang terdapat pada halaman-halaman blog/websitenya.

Keuntungan lain dari direct advertising ini, nilai pembayaran yang diberikan pemasang iklan akan dia terima seutuhnya tanpa ada potongan.

Berbeda dengan melalui mediator iklan, beberapa persen dari nilai yang dibayarkan advertiser kepada publisher akan dipotong oleh pihak advertising networks sebagai ongkos jasa.

3. Mengiklankan Produk dan Jasa Sendiri

Adakalanya blog/website dibangun oleh orang-orang yang sebelumnya telah menghasilkan produk tertentu atau memiliki usaha jasa pelayanan, sehingga tidak berusaha untuk mencari pemasang iklan baik lewat advertising networks maupun direct advertising, melainkan memanfaatkan blog untuk mengiklankan produk atau jasanya sendiri.

Dengan cara demikian, dia tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk mempromosikan produk atau usaha jasa miliknya, karena blog yang dia bangun sudah lebih dari cukup untuk mengiklankan produk atau jasa tersebut.

Demikian tiga cara mendapatkan uang dari iklan melalui blog yang kita bangun.