9 Istilah Penting dalam Dunia Blogging Berserta Artinya

9 Istilah Penting Dalam Blogging dan Artinya
9 Istilah Penting dalam Dunia Blogging Berserta Artinya

Jumlah blogger kian hari kian bertambah saja. Bagi Anda blogger pemula yang baru terjun pada aktivitas blogging, Anda tentu harus tahu aneka istilah penting yang sering digunakan dalam dunia blogging.

Mengetahui aneka istilah penting ini, akan memperkaya wawasan Anda mengenai aktivitas blogging, sekaligus memudahkan Anda dalam blogging tersebut. Berikut beberapa istilah penting dalam blogging dan artinya.

1. Posting

Posting merupaan kegiatan untuk menyebarkan konten informasi agar diketahui pihak lain. Kegiatan posting dapat dilakukan antar satu pihak dengan satu pihak lain, dan dapat pula untuk banyak pihak sekaligus.

Posting untuk banyak orang inilah yang dilakukan pada media blog, media sosial atau media massa. Anda perlu melakukan posting untuk menyebarkan informasi dalam berbagai bentuk seperti artikel, ungkapan, video, gambar, atau file suara.

2. Blogger

Blogger adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pihak yang membuat konten pada blog atau memiliki blog. Seorang blogger akan melakukan aktivitas blogging dengan membangun blog untuk menyebarkan informasi agar diketahui banyak orang.

Seorang blogger dapat menyajikan banyak hal mulai dari curahan hati sampai artikel ilmiah.

3. Domain

Domain adalah nama unik untuk menunjukkan alamat yang digunakan oleh mesin pencari dalam mengidentifikasi suatu website, server atau blog lewat jaringan internet. Domain satu dengan yang lain berbeda karena berfungsi sebagai alamat khusus untuk menuju laman khusus.

Nama domain contohnya : google.com, yahoo.com, dikti.go.id, ugm.ac.id, kaskus.co.id dan lainnya.

4. Template

Templete merupakan file atau dokumen yang isinya berupa informasi mengenai model atau tampilan yang digunakan sebagai referensi untuk membuat dokumen lainnya. Template pada sebuah blog berperan penting untuk membuat tampilan blog menarik.

Untuk membuat blog dengan template yang menarik, Anda bisa membutnya sendiri, dan bisa juga mengunduh. Ada banyak template yang tersedia secara gratis untuk diunduh. Lebih baik, pilih template yang sederhana, eye catching dan ergonomis.

5. Tag

Tag merupakan simbol yang berfungsi sebagai kode untuk menandai aneka elemen perintah pada HTML (Hyper Text Markup Language). Tag umumnya digunakan secara berpasangan untuk mengapit perintah pada sistem HTML.

6. RSS (Really Simple Syndication)

RSS adalah format web feed yang disajikan dalam format XML (eXtensible Markup Language). RSS berguna untuk memberikan informasi konten digital yang sering diupdate, seperti pada Blog.

7. Blogspot

Blogspot adalah salah satu layanan gratis dari google yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat blog. Blogspot dapat digunakan gratis dan penggunaannya pun sangat mudah.

Dengan menggunakan blogspot, Anda bisa menikmati nama domain gratis dan mendapatkan template gratis. Bagi seorang blogger pemula, blogspot cukup direkomendasikan karena kemudahan cara menggunakannya, serta nilainya yang gratis.

8. WordPress

Seperti halnya blogspot, WordPress juga menyediakan fasilitas pembuatan blog gratis dan mudah. Layanan WordPress disediakan oleh WordPress Foundation dan menggunakan sistem berbasis bahasa pemrograman PHP.

WordPress sangat fleksibel untuk dikembangkan dan memiliki banyak plugin untuk kebutuhan blogging. Ada banyak kelebihan WordPress sehingga membuatnya sering direkomendasikan oleh para blogger profesional.

9. SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan rangkaian teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan ranking blog pada halaman pencarian seperti Google, Bing, dan Yahoo. Dengan penerapan SEO yang baik, sebuah blog ditargetkan untuk bisa mendapat peringkat yang baik serta pengunjung yang banyak.